Minggu, 17 Februari 2019

PENGANTAR DASAR-DASAR PUBLIC RELATION & MANAJEMEN PUBLIC RELATION

         Ibu Sumarni Bayu Anita sedang memberi materi

Selamat malam semuanya, semoga dalam keadaan sehat walafiat ya guys, sebelumnya saya akan memeperkenalkan secara singkat tentang diri saya. Saya lahir di Palembang 05 Juli 1993. saat ini saya bekerja di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang, dan Saat ini juga saya sedang menimbah ilmu di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka Jurusan Ilmu Komunikasi Semester II. Di semester II ini alhamdulilah saya mendapatkan 24 SKS, disalah satu SKS ada Mata Kuliah Dasar- Dasar Public Relation. Pada blog ini saya akan menjelaskan tentang Mata Kuliah tersebut yang diberi oleh dosen saya  secara bertahap setiap Minggunya. Materi yang akan saya sahring sebagai berikut:

1. Pengantar Dasar -Dasar Public Relation
2. Manajemen Public Relation
3. Opini Public
4.  Etiket & Kepribadian
5. Lobi & Negosisasi & Persentasi
6. Penulisan Nasakah Public Relation
7. Marketing Public Relation & Mice
8. Produksi Media Cetak & KIT
9. Produkdi Multimedia / Pengelolaan Sosial Media
10. Manajemen Krisis
11. Riset Public Relation
12. Internal relation
13. Govermance Relation
14. Media relation
15. Comunity Relation
16. Etika Public Relation (Kehumasan).

Untuk malam ini kita akan membahas tentang point yang pertama  yaitu :

1. Pengantar Dasar- Dasar Public Relation

   a. Konsep  Dasar dari para tokoh Public Relation
  • Edward Bernays - Consent public opinion
  • Ivy Le - Journalism
  • Philip Kotier - Marketing Mix
  • Frank Jefkins - Tehnical/Practical Public Relation
  • James Gruning - Strategic Management Funcion
  • Cutlip, Center, Broom - Management Function
Konsep Dasar Menurut Para Tokoh

   b. Evolusi Konsep Public Relations
  •  Kepentingan Bisnis - Propaganda 
           Satu arah - persuasif dalam bentuk publisitas
  • Perilaku korporat - membantu korporasi menyesuaikan diri dengan lingkungannya
          Manajemen konseling terhadap perubahan yang dibutuhkan korporasi

  c.  Definis Public Relation
  • Fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi ( Cutlip, Center & Broo)
Definisi Public Relation
  d. Unsur-unsur dalam Definisi Public Relation
  • Melakukan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasional
  • Menangani hubungan anatara organisasi dengan stakeholdernya
  • Memonitor kesadaran, opini, sikap dan perilaku didalam dan diluar organisasi
  • Menganalisis dampak dari kebijakan, prosedur dan aksi terhadap stakeholder 
2Manajemen Public Relation
  • Proses, penelitian, perencanaan,pelaksanaa, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh kegiaatn organisasi
 a. Strategic Maangement :

     Pearce & Robinson, mengembangkan langkah-langkah strategic management sbb :
  • Menentukan mission perusahaan
  • Mengembangkan company profile 
  • Penilaian terhadap lingkungan ekstem perusahaan
  • Analisis Peluang
  • Identifikasi 
b. Teori Manajemen Public Relation

Berdasarkan poin-poin dari Gruning & Hunt, dalam  pengelolaan sistem Public Relation suatu perusahaan, praktisi Public Relation harus membentuk suatu keharmonisan dengan berbagai unsur dalam perusahaan itu sendiri :
  • Secara Fungsi - the real job
  • Secara Terstruktur - hirarki organisasional individu & posisi
  • Secara Proses - pengambilan keputusan formal tentang peraturan & prosedur yang terdapat dalam perusahaan
  • Secara Umpan Balik - mekanisme evaluatif formal & infrmal perusahaan
 Ada 3 sifat Fact Inding/Riset/Penelitian
  1. Pencarian Teori
  2. Pengujian Teori
  3. Pemecahan masalah - sifat penelitian Public Relation
     Survey

      Jenis Penelitian Survey :
  1. Descriptive surveys, misal jajak opini publik tentang walikota
  2. Explanatory surveys - sebab - akibat
      Empat elemen penelitian survey
  1. Sampel
  2. Kuesioner atau angket
  3. Wawancara
  4. Analisis data hasil penelitian
 c. Metode Penelitian Public Relation
  1. Survey
  2. Communication Audit
  3. Unobtrusive Measures
 d. Ruang Lingkup Tugas Public Relation

     Ke dalam
  1. Membina sikap mental karyawan agar dalam diri mereka tumbuh loyalitas 7 dedikasi terhadap perusahaan dimana dia bekerja
  2. Menumbuhkan semangat korp atau kelompok yang sehat & dinamis
  3. Mendorong tumbuhnya kesadaran perusahaan
      Ke luar
 Mengusahakan tumbuhnya sikap & citra (image) publik yang positif terhadap segala kebijakan 7 tindakan-tindakan perusahaan

e. Proses Public Relation & Pendekatan Manajerial

 Menurut Cutlip & Center, proses Public Relation sepenunhnya mengacu pada pendekatan maanjerial
  1. Fact Finding
  2. Planning
  3. Communicating
  4. Evalution
Oke sahabat blogger dimanapun kita berada mungkin untuk hari ini baru ini saja informasi yang dapat saya bagikan terus pantau yan di blog saya, karena setiap Minggunya saya pasti akan posting informasi terkait ilmu dan informasi yang saya dapatkan dari dosen saya yaitu ibu Sumarni Bayu anita, S.Sos, M.A.

Terima Kasih.

Salam Komunikasi !!!

#BanggaBerkomunikasi
#PublicRelation
#Dasar-dasarPublicRelation
#ManajemenPublicRelation
     




        














Tidak ada komentar:

Posting Komentar