Ibu Sumarni bayu Anita, S.Sos,M.A sedang memberi materi
Selamat malam sahabat blogger dimanapun kita berada, malam ini saya akan share ilmu dan informasi yang saya dapatkan Senin lalu tanggal 11 Maret 2019 tentang materi Penulisan Naskah Press Release.
Press Release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relation suatu organisasi atau perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers atau redaksi media massa (tv, radio, surat kabar, majalah) untuk dipublikasikan dalam media massa.
Bivins mengatakan meskipun semua press release yang dibbuat PR memiliki format yang sama, sebenarnya memiliki perbedaan penekanan pada informasinya, yaitu :
- Basic Press Release mencakup berbagai informasi yang terdapat didalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki berbagai nilai berita untuk media mlokal, regional ataupun nasional.
- Product Release mencakup transaksi terntang target suatu produk khusus atau produk reguler lainnya untuk suatu publikasi perdagangan didalam suatu industri.
- Financial Release digunakan terutama dalam membina hubungan dengan pemegang saham. Umumnya banyak media lokal, regional dan nasional menyoroti masalah keuangan.
Press Release atau News Release merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh praktisi PR untuk publikasi melalui media massa cetak (surat kabar dan majalah) dan media massa elektronik (TV dan radio). Kini media online ikut menjadi salah satu media sasaran PR untuk mengirimkan press release nya.
Pada dasarnya PR harus memahami gaya jurnalistik dalam mengirimkan press release nya. Selain itu informasi press release harus memiliki nilai berita (news value), signifikan (penting) dan berharga sebagai berita (news worthy).
Penulisan press release layak muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan menulis berita langsung (straight news) dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid). Dimulai dengan membuat lead/teras berita/kepada berita sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W+1H.
- What : apa yang terjadi ?
- Where : dimana terjadinya ?
- When : kapann peristiwa tersebut terjadi ?
- Who : siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut ?
- Why : mengapa peristiwa tersebut terjadi ?
- How : bagaimana berlangsungnya perisiwa tersebut ?
Piramida Terbalik
Ada tiga alasan Mengapa menggunakan piramida terbalik dalam PR :
- Pembaca dikategorikan sebagai orang sibuk yang mempunyai waktu yang singkat untuk mendapatkan berita-berita yang faktual
- Redaksi media massa harus memotong press release tersebut tanpa mengurangi isi pokoknya
- Redaksi tidak mempunyai cukup waktu untuk membaca keseluruhan press release
Sebelum redaksi memutuskan dibuang atau dipakai release tersebut, mereka harus tahu dengan cepat apa keseluruhan isi release itu (Cole,1981:42)
Feature merupakan karangan khas/tuturan biasanya dibuat lebih dari satu, dengan isi berkaitan satu sama lain. Feature berbeda dengan tulisan news (Berita/press release) yang disusun seperti piramida terbalik yang hanya terdiri dari atas lead, tubuh, dan penutup. Feature disusun sperti kerucut terbalik yang terdiri dari lead, jembatan dianta lead dan tubuh tulisan dan penutup.
Struktur Penulisan feature
Beberapa jenis Feature :
- Human interest feature (feature minat insani). Feature jenis ini dimaksud untuk mengaduk-aduk perasaan, suasana hati,bahkan menuras airmata khalayak
- Historical featur (feature sejarah). Berbagai tempat dan peninggalan sejarah
- Biographcal feature (feature biografi) riwayat perjalanan seseorang terutama kalangan tokoh seperti pemimpin pemerintah dan masyarakat
- Traveleque feature (feature perjalanan) Feature ini mengajak pembaca untuk mengenai lebih dekat tentang suatukegiatan atau tempat-tempat yang dinilai memiliki daya tarik tertentu
Baiklah sahabat blogger dimanapun kita berada mungkin informasi yang saya dapat share untuk materi Penulisan Naskah Press Release sebatas ini ya. Pantau terus blog saya karena setiap satu Minggu sekali saya akan tetap share ilmu dan informasi seputana Public Relation yang diajarkan oleh ibu Sumarni Bayu Anita, Sos, M.A
Terima Kasih
Salam Komunikasi !!!
#Banggaberkomunikasi
#Publicrelation
#PenulisanNaskahPrease Release
Tidak ada komentar:
Posting Komentar