Blog ini khusus saya buat untuk Sharing ilmu bagaimana cara berkomunikasi yang baik, walaupun kita sama-sama belajar semoga saja dapat memberi inspirasi & informasi untuk kita semua.
Senin, 13 Mei 2019
HUBUNGAN INTERNAL & EKSTERNAL PR
Selamat malam sahabat blogger dimana pun berada, malam ini saya akan sharing terkait materi kuliah yang disampaikan oleh dosen saya sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Stisipol Candradimuka ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A yaitu Hubungan Internal dan Eksternal Public Relation.
A. Hubungan Internal
Hubungan Internal adalah kegiatan Public Relation (PR) untuk membina hubungan dengan publik internal, seperti karyawan, para manajer, top management dan para pemegang saham (stockholders) agar citra dan reputasi organisasdi atau perusahaan tetap positif dimata publik internal
1. Hubungan Karyawan
Para karyawan ingin menyatakan pendapatnya kepada manajemen tentang pekerjaan, kondisi dan hal-hal lain yang mempengaruhi kepentingannya. Dalam melakukan hubungan dengan karyawan, banyak cara dan media yang digunakan oleh pihak perusahaan. Diantaranya :
a. Komunikasi lisan antarpersona
b. Sistem pidato secara kelompok
c. Sistem informasi telepon
d. Rapat merupakan media komunikasi yang lazim dilaksanakan manajemen dengan karyawan
e. Siaran televisi terbatas
f. Gelanggang terbuka (Open House)
g. Kunjungan pelaksana ke berbagai bagian
h. Surat manajemen
i. Surat kabar atau majalah karyawan
j. Papan Pengumuman
k. Pameran produk
l. Laporan keuangan
m. Iklan surat kabar atau majalah
n. Buku penuntun dan pedoman karyawan
o. Kaset, film, dan slaid media komunikasi karyawan yang utama
p. Rak baca yang diisi buku mini tentang masalah perusahaan, politik, ekonomi, sosial, kesehatan, penghematan, keamanan, hobi, masakan, olahraga dan hal-hal yang menarik, lainnya untuk para karyawan.
2. Hubungan Pemegang Saham
Tujuan hubungan pemegang saham adalah untuk membangkitkan perhatian pemilik pada perusahaan, menciptakan suatu pengertian yang lebih baik antara perusahaan dan para pemilik saham dengan komunitas finansial : membujuk para pemegang saham untuk memakai dan menganjurkan pembelian produk perusahaan mengurangi pergantian para pemegang saham dan mempromosikan pemilikan
saham sebagai suatu investasi jangkau panjang menurangi kritik pemegang saham dan oposisi terhadap manajemen.
Laporan Tahunan Meliputi:
1. Informasi Finansial (Laporan Keuangan)
2. Informasi Produksi (Inventaris, Peralatan, Produksi, Bahan Mentah, dan lainnya)
3. Informasi Pemasaran (Volume Pemasaran dan Penjualan)
4. Informasi Personel (Direktur, Manajemen, Karyawan)
5. Informasi Serba Aneka (Hubungan Pemerintah Masa Depan, Inflasi)
6. Segi-Segi Fisik Laporan Tahunan ; Ilustrasi; Distribusi, Laporan Tahunan (Distribusi Kepada Para Pemegang Saham 15 Hari Sebelum Rapat Tahunan) (Moore,2004;375-376)
B. Hubungan Eksternal
Eksternal Relations (Hubungan Eksternal) adalah kegiatan PR yang melakukan hubungan dengan publik eksternal sebuah organisasi atau perusahaan, seperti pers, komunitas, pendidikan dan para pemuka pendapat.
1. Hubungan Pemasok
Tujuan dari program hubungan pemasok yakni :
1. Membina kepentingan antar pemasik dan pembeli
2. Menunjukkan kepada para pemasok bagaimana mereka dapat meningkatkan metode produsinya sehingga meningkatkan pengembalian bersih mereka
3. Menentukan apakah para pemasok memikirkan kebijaksanaan dan kebiasaan perusahaan
4. Menjadikan perusahaan sebagai mitra yang baik, yang bekerja sama dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah produksi dan persediaan
2. Hubungan Komunitas
Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup ditempat yang sama bepemerintahan sama dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun - tumurun.
Tujuan hubungan komunitas yaitu:
1. Memberi informasi kepada komunitas tentang kebijaksanaan, kegiatan dan perusahaan
2. Memberi informasi kepada para komunitas yang berhubungan dengan perusahaan mengenai jalannya perusahaan
3. Menjawab kritik dan membantah serangan dari tekanan kelompok setempat yang salah paham mengenai perusahaan
3. Hubungan Pemerintah
Suatu perkembangan penting dalam PR adalah terjadinya hubungan yang lebih erat antara perusahaan, asosiasi, dan perserikatan dengan pemerintah, serta semakin meluasnya keterlibatan lembaga - lembaga swasta dalam permasalahan masyarakat (dimana selama ini permasalahan masyarakat lebih banyak ditangani pemerintah)
4. Hubungan Legislatif
Program hubungan legislatif harus direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kajian yang saksama dalam kebijaksanaan perusahaan, yang diawali konsultasi dengan manajemen.
5. Hubungan Konsumen
Tujuan hubungan konsumen :
1. Menetukan apakah para konsumen memikirkan dan membicarakan kebijaksanaan, tindakan, produk, atau pelayanan perusahaan
2. Memahami apakah semua pernyataan yang dibuat untuk para konsumen mengenai harga nilai, pelayanan dan kualitas berdasarkan kenyataan dan tidak dibuat - buat
3. Meningkatkan pelayanan konsumen dengan penanganan yang lebih memuaskan atas dasar keluhan, dengan analisis keluhan untuk mengetahui penyebabnya, dan dengan memperbaiki kekurangan dalam operasi, prosedur, atau kebijaksanaan.
Oke, sahabat blogger mungkin sampai disini ya informasi yang saya dapatkan tentang materi Hubungan Internal dan Eksternal PR. Jangan lupa dipantau terus ya blog saya karena saya akan tetap sharing terkait mata kuliah saya yaitu Public Relation.
Terima Kasih
Salam Komunikasi!!!
#Banggaberkomunikasi
#Pubblicrelation
#Hubunganeksternal&internalPR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar