Selamat Pagi sahabat blogger dimanapun kita berada. Pagi ini saya akan sharing dan berbagi informasi terkait materi Multi Media & Pengelolaan Sosial Media.
A. Pengertian
Multimedia diambil
dari gabungan 2 kata iaitu multi dan media. Multi bererti banyak dan media
bererti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur
iaitu teks, grafik, suara, video, animasi dan intraktif yang menghasilkan satu
persembahan yang menarik. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang
tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diertikan sebagai informasi
komputer yang dapat dipersembahkan melalui audio atau video, teks, grafik dan
animasi.
Multimedia adalah
kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum
merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)
atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Media Sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan
sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media
sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi,
berbagi, networking, dan berbagai
kegiatan lainnya.
Media
sosial mengunakan teknologi berbasis website atau aplikasi yang dapat mengubah
suatu komunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media
sosial yang banyak digunakan adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan
lain-lain.
B. Pengelolaan Sosial Media
Bagi sebagian orang
belum menyadari bahwa mengelola sebuah account social media memerlukan
pengelolaan (management social media) yang baik dan teratur untuk mencapai
tujuan (goal) dari kegiatan di socmed. Untuk itu diperlukan segenap persiapan
sebelum menjalankan socmed, antara penetapan tujuan, apakah untuk meningkatkan
penjualan (sales), pencitraan individu (personal branding), atau untuk berbagi
pembelajaran (social sharing).
Umumnya ada 3
platform sosmed yang populer saat ini digunakan oleh perusahaan, lembaga dan
publik figur, yaitu twitter, Fb Page dan instagram. Ketiga aplikasi itu
tersedia di smartphone dan website, sehingga memudahkan dalam pengelolaan.
Twitter, sebuah aplikasi micro blogging yang efektif untuk menyebarkan
informasi secara cepat, FB Page untuk memberikan pendalaman informasi yang di
posting di twitter, dan Instagram merupakan sarana menarik perhatian melalui
media grafis dan video. Sebuah pesan bisa dijabarkan dalam 3 format, gambar,
video dan teks, dan masing-masing platform tersebut mampu menjadi sarana yang
efektif untuk distribusi (share) di media sosial.
Langkah mewujudkan
pengelolaan sosial media yang efektif adalah sebagai berikut :
1. Strategi Media
Pengembangan cara -
cara untuk meraih tujuan dari pengelolaan sosial media, ada bermacam tujuan
dalam pengelolaan sosmed, antara lain : penjualan, pencitraan, social sharing,
dll. Dengan menetapkan langkah - langkah yang jelas akan mempermudah dalam mengelola sosial media dan dapat mengukur seberapa jauh tingkat keefektifannya.
2. Perbaharui
Informasi
Setelah penetapan
strategi, langkah berikutnya adalah memperbaharui informasi tentang lembaga /
perusahaan / personal melalui posting di medsos, misalnya aktifitas yang
dilakukan setiap hari, minggu, dan bulan.
3. Membuat Jadwal
Bulanan
Seperti halnya
pengelolaan sebuah media konvensional, kegiatan di media sosial sebaiknya
menyusun jadwal kegiatan per bulan, dimana dalam setiap event - event dalam
satu bulan itu akan diinformasi kepada publik / followers. Kegiatan ini
memudahkan kita dalam menyusun materi / content beberapa waktu ke depan, sebab
persiapan material content, baik dari sisi copy, disain dan editing.
4. Posting secara
teratur
Posting atau
mengeposkan pesan secara teratur dan terukur menjadi bagian penting dalam
pengelolaan sosmed, artinya tidak asal posting yang reaksioner. Kegiatan
posting perlu dijadwal secara teratur dan pesan yang tertentu yang menyesuaikan
pola waktu dari target / sasaran kita.
5.Tanggapi Komentar
dengan Bijak
Admin sosial media,
sebaiknya secara teratur membaca setiap komentar yang masuk, biasanya komentar
- komentar tersebut dibagi 2, yaitu yang mendukung dan yang anti (haters).
Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya admin membalas semua komentar, baik
yang positif dan negatif dengan mengucapkan terima kasih atas tanggapannya.
Tapi admin juga menghapus komentar- komentar yang bersifat fitnah atau merusak
karakter untuk mencegah followers terprovokasi.
6. Manage Followers
Salah satu langkah
memberikan treatment yang baik kepada followers dengan mengelompokkan followers
berdasar kriteria tertentu. Misalnya berdasarkan lokasi, minat, keaktifan, dll.
7. Mengiklan sosmed
Selain mengelola
dengan teratur, tidak ada salahnya bila untuk mengangkat followers atau
audience kita melalukan promosi lewat facebook atau google adsense account
sosial media. Tujuannya agar segment followers / audience lebih luas, menembuas
batas kelompok dan teritorial, terutama untuk sosmed yang ditujukan untuk sales
atau personal branding sangat diperlukan langkah ini.
8. Evaluasi
Secara periodik kita
perlu mengevaluasi kegiatan di sosmed, apakah sudah sesuai dengan target, atau
justru keluar dari target. Banyak hal yang akan kita temui dalam jangka waktu
tertentu, misalnya minat followers terhadap topik ternyata tidak sesuai
harapan, atau justru sebaliknya. Dalam hal ini perlu kita evaluasi faktor
-faktor penyebabnya untuk mengambil langkah kemudian.
9. Memperbaharui
fitur sosmed secara periodik
Platform sosial media
setiap hari mengalami pengembangan dalam sisi fitur, entah itu yang
dikembangkan oleh developer itu sendiri atau pihak ketiga yang mendukungnya.
Untuk itu kita perlu mengamati dengan seksama, apakah fitur - fitur itu bisa
membantu kita membangun pertunangan (engagement) lebih baik dengan followers.
Misalnya, instagram menambah fitur video dengan durasi lebih panjang, fitur ini
bisa kita manfaatkan untuk posting video profil atau video explanary.
Baiklah sahabat blogger mungkin hanya ini informasi yang saya dapat share untuk materi Multimedia & Pengelolaan Sosial Media. Pantau terus blog saya ya karena saya akan berbagi informasi terkait mata kuliah Public Relation ya temen´temen.
Terima Kasih
Salam Komunikasi !!!
#Banggaberkomunikasi
#Publicrelation
#Multimedia&PengelolaanSosialMedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar