Minggu, 12 Mei 2019

MEDIA RELATION







Selamat siang sahabat blogger dimanapun berada pagi ini saya akan sharing informasi terkait materi kuliah saya yaitu Media Relation.

A. Pengertian


Media Relations (Hubungan Media) –disebut juga Press Relations— adalah aktivitas menjalin hubungan baik dengan  wartawan, kalangan pers, atau media massa.

Hubungan media merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi  dilakukan humas atau PR sebuah instansi. Tujuan utama media relations adalah membangun citra positif (image building) sebagai tugas utama humas.

Media Relations dilakukan guna memperoleh publisitas, pemberitaan, atau liputan media seluas mungkin.

Bentuk Media Relation paling populer adalah Siaran Pers (Press Release) dan Konferensi Pers (Press Conference).

Umumnya keberhasilan dan popularitas seorang tokoh atau sebuah instansi/organisasi dicapai berkat keberhasilannya membangun hubungan baik dengan media.

Dengan terjalinnya hubungan baik itu, media potensial senantiasa mempublikasikan setiap kegiatannya yang positif dan “berhati-hati” dalam pemberitaan yang negatif.

Menurut Al & Laura Ries dalam buku The Fall of Advertising and The Rise of PR, untuk dapat memenangi kompetisi atau satu-satunya cara untuk mengalahkan kompetitor adalah dengan cara memenangkan “pertempuran” di media massa.

Media Relations wajib dilakukan Humas (Public Relations) sebuah lembaga agar berdampak pada meningkatnya brand image atau popularitas.

Liputan atau pemberitaan yang baik di media akan memberikan pencitraan yang baik pula bagi perusahaan, meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam memakai produk perusahaan, dan akhirnya menumbuhkan minat pemodal untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan.

B. Fungsi Media Relation
  1. Meningkatkan citra perusahaan.
  2. Meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
  3. Meningkatkan point of selling dari produk dan jasa.
  4. Membantu perusahaan keluar dari komunikasi krisis.
  5. Meningkatkan relasi dari beragam publik, seperti terhadap lembaga pemerintahan, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.
C. Jenis-Jenis Media Relation

o   Press Conference (Konferensi Pers) —mengundang wartawan untuk berdialog dengan materi yang telah disiapkan (Press Kit, Media Kit).
o   Press Briefing (Jumpa Pers) –penyampaian informasi dalam sebuah kegiatan.
o    Special Event —kegiatan khusus yang melibatkan media, misalnya menjadi sponsor lomba penulisan jurnalistik.
o    Media Visit (Kunjungan Media) –berkunjung ke kantor media.
·                             Undangan Peliputan —mengundang wartawan untuk meliput acara.
o   Press Gathering –mengundang media untuk berkumpul secara informal, misalnya jamuan makan malam.
o   Press Luncheon –jamuan makan siang.
o   Maintenance Lobby — misalnya minum kopi bersama, nonton bareng.
o   Press Tour — meng­ajak wartawan berkunjung ke suatu tempat.


 D. Tujuan Media Relation dalam Komunikasi PR

1.      Mendapatkan penyiaran mengenai organisasi
2.      Mendapatkan pemberitaan yang baik
3.      Wadah umpan balik masyarakat terhadap media
4.      Evaluasi organisasi
5.      Membangun hubungan yang baik
6.      Meningkatkan kredibilitas organisasi
7.      Mempermudah menambah pelanggan baru bagi organisasi
8.      Mengontrol informasi yang disampaikan oleh media
9.      Meningkatkan profil diri
10.  Meningkatkan investor
11.  Kemudahan dalam akses media massa
12.  Menekan opini masyarakat
13.  Mendapatkan slot pemberitaan


Oke, sahabat blogger mungkin sampai disini ya informasi yang saya dapatkan tentang materi Media Relation. Jangan lupa dipantau terus ya blog saya karena saya akan tetap sharing terkait mata kuliah saya yaitu Public Relation.

Terima Kasih

Salam Komunikasi!!!

#Banggaberkomunikasi
#Pubblicrelation
#Mediarelation 
 




1 komentar:

  1. This is very information blog on Media relations.

    Get Your PR - Best PR Agency In Mumbai

    Get Your PR is Leading Public Relation Agency providing services ranging from content writing, media publicity and coverage for brands and events.

    Address: Patankar Residenc, Plot No 113 Office No. 2, New Sector-50, Seawoods, Navi Mumbai, Maharashtra
    Phone:- 098335 75761
    website:https://getyourpr.com/

    BalasHapus